Senin, 06 November 2023

Kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, kesehatan secara umum merupakan kondisi fisik, mental yang sejahtera tidah hanya terbebas dari rasa sakit.

Selain itu, kesehatan secara umum juga dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut, oleh karena itu kesehatan gigi dan mulut perlu diperhatikan juga karena kesehatan gigi dan mulut dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan secara umum.

Menjaga kesehatan gigi harus dilakukan oleh setiap individu, termasuk juga oleh individu yang memiliki demensia.

Demensia merupakan sindrom yang terjadi akibat adanya penyakit pada otak yang ditandai adanya penurunan progresif dalam ingatan dan kognitif yang cukup parah. Paien demenisa akan mengalami penurunan dari fungsi eksekutif, pembelajaran, memori, Bahasa, motorik, perseptual atau kognisi sosial, dan kemandirian yang dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala awal pada penderita demensia umumnya yaitu terjadi kehilangan ingatan dan dungsi kognitif secara bertahap dan lama kelaman dapat memengaruhi kemampuan berkomunikasi.

Berdasarkan sudut pandang psikologis memang sulit untuk penderita demensia menjaga kesehatan gigi. Pasien demensia bisa saja lupa untuk menjaga kesehatan gigi, dan hal ini menjadikan mereka rentan terhadap penyakit gigi dan mulut.

Dampak demensia terhadap kesehatan gigi dan mulut diantaranya yaitu :

- Mulut kering. Seseorang yang menderita demensia mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang, hal tersebut dapat menyebabkan mulut menjadi kering.



        - Gigi berlubang, peradangan pada gusi dan karang gigi.  Pada penderita demensia mereka memiliki kendalam untuk merawat giginya dengan baik setiap hari, hal ini dapat mempengaruhi kebersihan rongga mulut dan memungkinkan untuk terjadinya peradangan pada gusi, gigi berlubang, dan timbulnya karang gigi. Selain itu, pola makan pada penderita demensia juga dapat mempengaruhi terjadinya penyakit gigi dan mulut


Untuk meminimalisir dan mancegah terjadinya masalah kesehatan gigi pada penderita demensia dapat dilakukan beberapa upaya yaitu :

1.      Melakukan penyuluhan ke keluarga penderita demensia tentang cara menjaga kesehatan gigi seperti cara menyikuat gigi yang baik dan benar dan agara keluarga selalu berperaan aktif dalam membantu penderita demensia untuk menjaga, membersihkan gigi nya seperti membantu menyikat gigi.

2.      Melakukan pemeriksaan gigi pada penderita demensia. Penderita demensia memiliki kesulitan untuk merawat giginya, oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan rutin, minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk memantau kondisi gigi penderita demensia

3.      Memberikan penyuluhan tentang asupan makanan dan minuman pada penderita demensia, seperti meminimalisir makanan minuman yang manis dan lengket, dan memperbanyak asupan makanan yang bergizi, berserat tinggi seperti sayur dan buah buahan. Dalam hal ini diperlukan juga peran keluarga untuk mengontrol asupan makanan dan minuman penderita demensia.

https://journals.sagepub.com/doi/epub/10.1177/2050168420923862

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kesehatan Gigi - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -